Kamis, 13 September 2018

Jual Bibit Tanaman Obat Bawang Dayak


Pernah mendengar tanaman obat bawang dayak?, kalau belum, silahkan baca sampai selesai. Selain artikel ini berisi tentang kami jual bibit tanaman obat bawang dayak, artikel ini juga menjelaskan secara lengkap tentang tanaman bawang dayak,mulai dari nama lain, deskripsi, kandungan, manfaat dan cara konsumsi.

Tanaman bawang dayak merupakan salah satu tanaman obat yang banyak dibudidayakan oleh banyak orang. Alasan ini dikarenakan bawang dayak mudah ditanam dan tidak sulit untuk perawatannya.

Bibit Bawang Dayak

Bawang dayak memiliki banyak nama lain atau nama lokal, masyarakat di Indonesia sering juga menyebut bawang dayak dengan nama bawang tiwai, bawang sabrang, bawang berlian, bawang borneo, bawang arab, bawang mekah, bawang merah hutan, bawang kapal, bawang hantu, bawang hutan, luluwa sapi, teki sabrang, bawang lubak, bawang sayup dan bawang siyem.  

Deskripsi tentang tanaman bawang dayak

Bawang dayak memiliki nama ilmiah yaitu Eleutherine Americana Merr. Tanaman ini merupakan tanaman semak, berumpun, tumbuhan semusim yang memiliki tinggi sekitar 50 cm. Karakteristik batang bawang dayak tumbuh tegak atau merunduk, basah dan berumbi. Bawang dayak menyukai tempat terbuka dan tanah akan kaya humus sekaligus tanah yang cukup lembab. Untuk menanamnya dengan menggunakan umbinya dengan cara membenamkan umbi ke dalam tanah dengan kedalaman kurang lebih 3 cm di bawah permukaan tanah yang telah digemburkan. Jarak tanam antar pohon berkisar 10 cm-20 cm. Kemudian diberi pupuk secukupnya. Bawang dayak dapat tumbuh di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

 Klasifikasi Tanaman Obat Bawang Dayak

Kingdom : Plantae
Divisi   : Spermatophyta
Kelas   : Liliopsida
Ordo    : Liliales
Famili  : Liliaceae
Genus  : Eleutherine
Spesies : Eleutherine palmifolia

 Kandungan Kimia Bawang Dayak

Umbi bawang dayak mengandung senyawa-senyawa turunan anthrakinon yang mempunyai daya pencahar, yaitu senyawa-senyawa eleutheurin, isoeleutherin dan senyawa-senyawa sejenisnya; senyawa-senyawa lakton yang disebut eleutherol dan senyawa turunan pyron yang disebut eleutherinol. Adapun kandungan yang terdapat dalam bawang dayak terdiri dari senyawa alkaloid, glikosida, flavonoid, fenolik, saponin, triterpenoid, tannin, kuinon dan steroid yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat.

 Manfaat Bawang Dayak dan Cara Konsumsinya

Ada banyak literatur baik berupa buku, jurnal maupun artikel di internet yang menyampaikan tentang manfaat dari bawang dayak. Berikut beberapa manfaat bawang dayak dan cara konsumsinya.

1. Antikanker Serviks
Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Didapatkan hasil bahwa, ekstrak bawang dayak mampu menurunkan tingkat ekspresi Cylin-E sel kanker serviks uteri Hela secara signifikan.

2. Ampuh dalam Mengatasi Flu
Masyarakat suku Dayak ternyata sudah lama menggunakan bawang dayak sebagai obat untuk mengatasi flu. Khasiat bawang dayak ini ditenggarai berkat kandungan glikosida didalamnya yang berfungsi sebagai antibakteri, anti radang dan ampuh dalam menurunkan demam.

3. Sebagai Agen Anti inflamasi
Senyawa flavonoid yang terkandung dalam bawang dayak memiliki efek antiinflamasi atau anti radang. Tak mengherankan apabila kemudian bawang dayak dipercaya mampu membantu menyembuhkan penyakit yang berawal dari peradangan seperti hepatitis, arthritis dan tonsillitis atau radang amandel yang kerap dialami anak-anak.

4. Obat Alami Sakit Perut
Berkat kandungan tanin didalamnya, bawang dayak dapat digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi sakit perut. Tanin mampu mengurangi gas di saluran pencernaan, meredakan perut kembung hingga mengatasi masalah konstipasi atau sembelit.

4. Sebagai Agen Antibakteri
Bakteri dan berbagai mikroorganisme lainnya kerap menjadi dalang di balik penyakit yang kita alami. Untungnya, berkat khasiat bawang dayak yang berperan sebagai agen antibakteri, kita dapat membantu tubuh dalam menyingkirkan berbagai bakteri dan mikroorgansime jahat lainnya yang masuk secara tidak sengaja.

5. Membantu Mencerahkan Kulit
Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki kulit wajah yang cerah. Berdasarkan hasil skrining fitokimia terungkap bahwa, bawang dayak mampu bertindak sebagai antimelanogenesis yang dapat mencegah timbulnya bintik-bintik hitam di wajah sekaligus mencerahkan kulit.

6. Membantu Mencegah Jantung Koroner
Siapa sangka, ternyata senyawa fenolik yang terkandung dalam bawang dayak efektif dalam membantu mencegah timbulnya penyakit jantung koroner yang telah merenggut jutaan nyawa di berbagai belahan dunia.

7. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan pembunuh yang amat keji. Bagaimana tidak, sebab penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berbahaya dan mematikan tanpa menunjukkan gejala sebelumnya pada si penderita.

Kabar baiknya, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Guru Besar Emeritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, Prof Dr Sidik Apt, menunjukkan bahwa bawang dayak mengandung senyawa alisin yang efektif dalam menurunkan tekanan darah dan kekentalan darah.

8. Pengobatan Diabetes
Manfaat bawang dayak juga dapat dirasakan oleh para penderita diabetes. Pasalnya, senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin dalam bawang dayak memiliki aktivitas hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula darah. Jadi bagi para penderita diabetes, tak ada salahnya untuk membuktikan khasiat bawang dayak yang satu ini.

9. Mampu Menangkal Radikal Bebas Bawang dayak memiliki kandungan antosianin yang tinggi, yang memberi warna merah alami pada umbinya. Antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan berkurangnya kadar radikal bebas dari dalam tubuh, maka akan berbanding lurus dengan semakin berkurangnya risiko terserang penyakit kanker, jantung dan beberapa penyakit lainnya.

10. Obat Alami Batu Ginjal
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari Unviversitas Lampung. Dijelaskan bahwa, ekstrak bawang dayak bersifat diuretik dan mampu menurunkan kadar kalsium serta pH urine sehingga dapat memudahkan penghancuran dan pengeluaran batu ginjal.

Untuk panduan cara konsumsi, silahkan bisa klik cara konsumsi bawang dayak

Jual Bibit Bawang Dayak

Bagi Anda yang sedang mencari atau mau membeli bibit tanaman obat bawang dayak, kami jual bibit bawang dayak. Siap kirim ke seluruh Indonesia, bagi yang dekat dengan kami bisa kami kirimkan via gojek dan akan kami kirimkan pada hari ini juga.

Kami memberikan garansi jika dalam pengiriman kami tidak sesuai dengan jumlah yang dipesan dibuktikan foto yang dikirimkan ke WhtatsApp kami

Bibit Tanaman Bawang Dayak:
  
Tanaman Bawang Dayak


Harga bibit tanaman Bawang Dayak per Box Rp. 90.000 Isi 50 Bibit
(Harga belum termasuk ongkos kirim)

Format Pemesanan :
Nama Lengkap# Alamat Lengkap# Nomer HP Aktif# Jumlah yang dipesan# Keterangan lain jika ada. Kirim Ke 085727812151.

Contoh:
Muhammad Solihin# Jl. Menangeng Rt. 01 Rw. 06 Kudu Genuk Semarang# 085727812151# 3 Box Bibit Bawang Dayak# Minta Nomor Rekening BCA. Kirim Ke 085727812151

Berdasarkan permintaan pelanggan, untuk sekarang nomor resi kami kirimkan langsung fotonya di nomor WhatsApp Anda

Langkah-langkah Prosedur Pemesanan
1.      Jadilah pelanggan yang santun dan cerdas.
2.      Jika belum paham seperti khasiat bawang dayak atau cara konsumsi bawang dayak bisa dipelajari terlebih dahulu.
3.      Lakukan pemesanan sesuai format yang kami berikan.
4.      Setelah anda mengirimkan format pemesanan via SMS/WA di nomor kami, Maka kami akan memberikan balasan keterangan waktu kapan pesanan dikirim, total transfer dan nomer rekening kami.
5.      Setelah anda transfer ke nomor rekening kami, mohon segera untuk konfirmasi, dan kami akan memberikan balasan kapan barang akan dikirim.
6.      Nomor resi akan kami kirimkan setiap hari pada malam hari.
7.      Setelah barang sampai mohon untuk konfirmasi kepada kami.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang tanaman bawang dayak mulai dari beberapa nama lain dari bawang dayak, klasifikasi, taksonomi, budidaya, kandungan, manfaat dan cara konsumsi bawang dayak. Jika Anda ingin membeli atau bertanya tentang tanaman bawang dayak. Jangan sungkan sungkan hubungi kami. Semoga Bermanfaat

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter